10 Okt 2010

Pertama di dunia, CDMA EVDO Rev B diluncurkan oleh Smart

contoh modem

Besides ZTE AC2790, there's another one that has a USB CDMA modem supports CDMA EVDO Rev B. Named ZTE AC600. But this modem, ZTE 600 also supports EVDO Rev B,
and difference in the frequency of the modem that supports the 800Mhz and 2100Mhz.

ZTE AC600 USB EVDO Rev B Modem

Specification : ZTE AC600 USB EVDO Rev B Modem
Network: CDMA EVDO Rev.B
Downspeed : 9.3Mbps
Frequency : 800MHz,2100MHz
Device type : USB
OS Support: Win7/WinXP/Vista,Mac,Lin
Dimensions: 29.3×76.7×11.5mm
Weight: 30g
32GB T-Flash




Since EVDO REV B inaugurated the three-month trial in Bali, Indonesia, many people looking for information about particular USB modem that supports CDMA EVDO Rev B.
SMART Telecom [Indonesia], a company that working with ZTE and Qualcomm, reportedly using a two types of modem that supports EVDO Rev B, namely: ZTE AC2790 and ZTE AC600. Both support 20001xRTT CDMA and CDMA EVDO Rev B.


Modem USB ZTE AC2790 EVDO Rev. B

Specification : ZTE AC2790 EVDO Rev B
Network :CDMA2000 1X /CDMA EDVO Rev B
Maximum downspeed : 9.3Mbps
Maximum Upload : 4.9 Mbps
Band:800/1900MHz
Device type :USB
OS supported:Windows 2000/XP/Vista/linux/Mac
Micro SD
Dimension : 80mm×36mm×13mm


Produk SMART Telecom
Jaringan internet pita lebar berbasis teknologi Code Division Multiple Access (CDMA) Evolution Data Only (EVDO) Rev B telah hadir secara komersil untuk kali pertamanya di dunia melalui Bali, Indonesia.
Layanan ini diselenggarakan oleh operator seluler CDMA Smart Telecom yang menggunakan base station (BTS) milik ZTE dari China dan chipset milik Qualcomm Technology dari Amerika Serikat.
“Bali sengaja kami pilih sebagai tempat peluncuran pertama EVDO Rev B karena Bali merupakan gerbang Indonesia di mata dunia internasional,” kata Presiden Direktur Smart Sutikno Widjaja, saat peluncuran Rev B di Hotel Discovery, Bali, Minggu malam (10/1/2010).
EVDO Rev B merupakan pengembangan dari jaringan EVDO Rev A yang menawarkan kecepatan maksimum 9,3 Mbps untuk mengunduh data (download) dan 5,4 Mbps untuk mengunggah (upload).
Melalui jaringan EVDO Rev A yang juga diselenggarakan Smart, kecepatan maksimum yang ditawarkan perusahaan milik Franky Widjaja itu hanya sampai 3,8 Mbps untuk download dan 1,8 untuk upload.
“Dengan Rev B, internet broadband kami jadi lebih cepat tiga kali lipat dibanding Rev A,” kata Head of Core Product and Branding Smart, Ruby Hermanto.
Saat ini, layanan Rev B baru diselenggarakan di Bali. Itu pun baru di sebagian tempat. “Baru 60% dari 48 BTS kami yang ada di Bali,” kata Sutikno. Menurutnya, seluruh area Bali baru akan terlayani semua di akhir kuartal pertama 2010 ini.
Setelah Bali, Smart rencananya akan melebarkan coverage Rev B ke 32 kota yang sebelumnya telah digelar Rev A hingga akhir tahun. Namun sayangnya, baik Sutikno dan Ruby tak mau mengungkap berapa jumlah base station yang siap di-upgrade dan total nilai investasi yang dikeluarkan.
Smart sendiri memperbolehkan pelanggan untuk mengupayakan sendiri pembelian modem berkemampuan Rev B di pasar bebas untuk bisa mengakses jaringan layanan broadband terbaru ini.
Namun jika pelanggan membelinya melalui Smart, modem Rev B keluaran ZTE dipasarkannya dengan harga Rp 450 ribu per bulan selama setahun. Biaya pembelian ini sudah termasuk biaya akses tanpa batas selama setahun.
“Dengan total setahun Rp 5,4 juta, modem yang kami tawarkan termasuk murah. Sebab, harga asli modem Rev B ini masih mahal, US$ 600 atau hampir Rp 6 juta,” jelas Tom Alamas Dinharsa, Division Head of Device Technology and Special Project.
Wah mahal banget ya modemnya, untuk sekarang ini rasanya masih sulit bersaing jika harga modemnya masih seharga BB, walaupun kecepatan aksesnya sangat menjanjikan. Sebagai gambaran untuk mengunduh (download) file data sebesar 1 Gb dari internet hanya memerlukan waktu transfer sebelas menit. Untuk meningkatkan kecepatan Smart telecom bahkan siap meng-upgrade lagi jaringannyai agar kecepatan download Rev B bisa sampai 14,7 Mbps.
Bagaimana sebenarnya perbandingan teknologi GSM dengan CDMA mana yang lebih unggul ? anda bisa liat ilustrasi berikut ini :




1 komentar:

evdo mengatakan...

mantap..
makasih udah share.

Posting Komentar